Senin, 01 Oktober 2012

ORGANISASI PROFIT


BAB  I
PENDAHULUAN

Organisasi adalah kegiatan yang dilakukan secara berkelompok dimana semua orang yang ada di kelompok tersebut memiliki misi untuk mencapai tujuan yang sama.

Organisasi profit merupakan organisasi  laba yang telah memiliki sumber pendanaan yang jelas, yakni dari keuntungan usahanya. Dalam hal penyebaran tanggung jawab, pada organisasi laba telah jelas siapa yang menjadi Dewan Komisaris, yang kemudian memilih seorang Direktur Pelaksana.

BAB II
TEORI
Organisasi Profit
Suatu proses kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yakni untuk menghasilkan laba. Organisasi ini menyediakan atau menghasilkan barang maupun jasa guna untuk memperoleh hasil ataupun laba sesuai dengan keinginan pemilik organisasi tersebut.
Organisasi profit merupakan satu kesatuan usaha (single entity) yang utuh pada organisasi-organisasi yang berorientasi laba.
Pada organisasi yang berorientasi laba, jangka waktu kegiatan operasional suatu perusahaan akan dapat diketahui melalui anggaran dasar yang telah dibuatnya. Selain itu, organisasi ini dapat sewaktu-waktu dapat dibubarkan (dilikuidasi) apabila ternyata tidak dapat lagi memperoleh keuntungan dan terus-menerus menderita kerugian sehingga modalnya menjadi sangat berkurang.
Contoh untuk organisasi profit adalah,PT. SINAR SOSRO yang dikenal sebagai perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia.. Perusahaan ini memang sudah merajai sebagian besar  minuman teh siap minum dalam kemasan botol di Indonesia. Produk dari SOSRO juga tidak asing lagi di pasar-pasar di Indonesia. Seperti Teh botol sosro,fruit Tea dan Joy tea green Perusahaan SOSRO merupakan salah satu contoh organisasi profit karena perusahaan ini mempunyai tujuan yang sangat jelas yaitu untuk menghasilkan maupun menyediakan barang guna untuk mencari laba dan memenuhi kebetuhan masyarakat guna kelangsungan hidupnya.
Perusahaan ini memiliki dasar filosofi yang dijabarkan dalam 3K dan RL yaitu: peduli terhadap KUALITAS,peduli terhadap KEAMANAN,peduli terhadap KESEHATAN,serta RAMAH LINGKUNGAN
Perusahaan yang berdiri pada tahun 1974 ini sejak Tanggal 27 November 2004, PT SINAR SOSRO dan PT GUNUNG SLAMAT bernaung dibawah perusahaan induk (holding company) yakni PT ANGGADA PUTRA REKSO MULIA (Grup Rekso)

BAB III
PEMBAHASAN
Melalui konsep 3K dan RL diatas, PT.SINAR SOSRO selalu optimis menerapkan budaya kerja yang profesional.  Tidak terbatas pada peningkatan kinerja di lingkungan perusahaan saja. Kesegaran, rasa serta higienitas dari produk menjadi salah satu konsentrasi PT. SINAR SOSRO dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar