Kamis, 20 Maret 2014

Etika penggunaan materi di internet dalam kebutuhan pekerjaan

Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi sudah sedemikian cepat sehingga merasuk dalam kehidupan manusia sehari-hari. Tanpa disadari produk teknologi sudah menjadi kebutuhan manusia di Indonesia. Penggunaan televisi, telepon, fax, handphone, internet. dan sekarang Penggunaan internet sudah bukan menjadi hal yang aneh dan baru lagi, khususnya di kota-kota besar. Mulai dari orang tua sampai anak-anak pun tak ketinggalan untuk mengikuti perkembangan jaman yang begitu pesat ini.

Manfaat kehadiran internet dalam semua bidang kehidupan kita dapat dirasakan secara nyata. Mulai dari hiburan, pendidikan, sosial budaya hingga usaha dan bisnis sangat terbantu dengan adanya internet. Seorang pemilik perusahaan harus menyadari kekuatan internet yang besar ini bagi perusahaannya. Setidaknya ia harus mengadopsi teknologi internet jika ingin perusahaannya lebih maju. Berikut adalah manfaat internet bagi perusahaan:

ü  Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan

ü  Analisa produk dan pasar Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya

ü  Menciptakan dan meningkatkan brand image

ü  Sebagai media promosi  

Selain untuk urusan bisnis, internet juga sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan Misalnya : untuk keperluan E-learning, Penjualan E-book dan pencarian Referensi buku melalui perpustakaan digital.  

Dalam menggunakan materi yang di dapat dari internet untuk kebutuhan pekerjaan, hendaknya kita memahami aturan-aturan atau kode etik yang sudah ditetapkan pemerintah dalam UU ITE, dengan tidak melakukan plagiarism dsb.


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar